PENGERTIAN
Sistem adalah suatu susunan yang teratur dari kegiatan – kegiatan yang saling berkaitan dan susunan prosedur – prosedur yang saling berhubungan, yang melaksanakan dan mempermuda kegiatan – kegiatan utama organisasi / institusi.
Manajemen dilihat dari sisi proses adalah kegiatan yang dilakukan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan secara bersama – sama atau melibatkan orang lain demi mencapai tujuan yang sama
Informasi adalah data yang telah diproses/diola seingga memiliki arti atau manfaat yang berguna
Sistem informasi manajemen adalah prosedur pengolahan data yang dikembangkan dalam suatu system (terintgrasi ) dengan maksud memberikan informasi ( yang bersifat intern dan ekstern ) kepada manajemen, sebagai dasar pengambilan keputusan
TINJAUAN TEORI SECARA UMUM
Manajer mengelola lima jenis sumber daya :
1. Manusia
2. Material
3. Mesin ( termasuk fasilitas dan energi )
4. Money ( Uang )
5. Informasi / Sumber daya konseptual
Alasan perlu diberikan perhatian pada manajemen informasi :
a. Pengaruh ekonomi internasional
b. Persaingan Dunia
c. Kompleksitas Teknologi Yang Semakin Meningkat
d. Batas Waktu Yang Singkat
e. Kendala – kendala sosial
Suatu pandangan system (system view)
1. Kompleksitas struktur organisasi / rincian pekerjaan
2. Tujuan yang baik
3. Kerjasama semua bagian dalam organisasi
4. Keterkaitan organisasi dengan lingkungannya
5. Penilaian yang tinggi pada informasi dengan feedback
Evaluasi Sistem Berbasis Komputer
1) Fokus Awal pada Data ( bagaimana mendapatkan data )
2) Focus baru pada informasi ( bagaimana mengola data )
3) Fokus revisi pada pendukung keputusan ( DSS )
4) Fokus kini pada komunikasi ( otomatisasi kantor )
5) Fokus potensial pada konsultasi ( Sistem pakar )